Selasa, 02 Juli 2024
Sukses Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkot Cilegon Raih Penghargaan APE 2023 Kategori Nindya

Sukses Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkot Cilegon Raih Penghargaan APE 2023 Kategori Nindya

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia



JAKARTA, DISKOMINFO – Kota Cilegon sekali lagi menorehkan prestasi gemilang di panggung nasional. Pemerintah Kota Cilegon, di bawah kepemimpinan yang visioner dari Wali Kota Helldy Agustian, berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekpraya (APE) 2023 dalam kategori Nindya, yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia.

 

Penghargaan prestisius ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga, kepada Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, pada Selasa (19/12/2023).

 

Helldy Agustian menyampaikan rasa syukur atas capaian luar biasa Pemkot Cilegon dalam meraih Anugerah Parahita Ekpraya Kategori Nindya tahun ini. Ia mengatributkan kesuksesan ini kepada kerja keras dan komitmen semua pihak, terutama DP3AP2KB yang turut berperan dalam mendukung terwujudnya kesetaraan gender di Kota Cilegon.

 

"Dengan penuh rasa syukur, Kota Cilegon meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekpraya Kategori Nindya tahun ini, meningkat dari pencapaian sebelumnya pada tahun 2021 yang berkategori Madya. Semoga penghargaan ini dapat menjadikan Kota Cilegon sebagai teladan dalam mewujudkan Pembangunan Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di tingkat daerah," ujar Helldy.

 

Helldy menambahkan bahwa prestasi ini merupakan dedikasi dan komitmen Pemkot Cilegon untuk bersaing dengan kota-kota lainnya di Indonesia dalam pelayanan kepada masyarakat. "Penghargaan ini merupakan bukti nyata atas kerja keras dan komitmen Pemkot Cilegon dalam melayani masyarakat. Ini bukan sekadar penghargaan yang diterima, melainkan hasil dari tahapan penilaian dan survei yang dilakukan oleh tim APE 2023 sebelumnya," tambahnya.

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga, juga memberikan apresiasi kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi serta Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah menerapkan pengarusutamaan gender di lembaga masing-masing.

 

"Perempuan merupakan aset bagi negara dan daerah jika mereka berdaya. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk mendampingi perempuan agar berdaya, tanpa diskriminasi, sehingga kita dapat mencapai kesetaraan dan kedamaian," ungkap Menteri Bintang.

 

Anugerah Parahita Ekpraya merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sejak tahun 2004. Penganugerahan ini didasarkan pada hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarus Utamakan Gender (PUG) Tahun 2023, dengan melibatkan 360 instansi dari berbagai tingkatan pemerintahan.

 

Dari hasil evaluasi mandiri, dilakukan verifikasi administrasi, verifikasi lapangan melalui sampling, dan verifikasi akhir. Pemkot Cilegon berhasil meraih Penganugerahan Parahita Ekpraya Tahun 2023 dalam kategori Nindya, setelah sebelumnya pada tahun 2021 meraih penghargaan kategori Madya. Prestasi ini semakin menegaskan komitmen Kota Cilegon dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tingkat lokal.


Berita Terkait Lainnya

Pemkot Cilegon Gelar Dialog Capaian Pembangunan
  • Pemerintahan
  • Selasa, 03 Oktober 2023
Pemkot Cilegon Gelar Dialog Capaian Pembangunan
Footer Example