Selasa, 02 Juli 2024
Diesnatalis ke-61 UIN SMH Banten, Pemkot Cilegon Diberi Penghargaan

Diesnatalis ke-61 UIN SMH Banten, Pemkot Cilegon Diberi Penghargaan

Pemkot Cilegon dinilai peduli terhadap pendidikan dengan program beasiswanya



CILEGON, DISKOMINFO – Pemkot Cilegon mendapatkan penghargaan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten. Pemkot Cilegon dinilai peduli terhadap pendidikan dengan program beasiswanya.

 

Pemberian penghargaan disampaikan saat Diesnatalis UIN SMH Banten ke-61 di Kota Serang. Sedangkan dari Pemkot Cilegon diwakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud). 

 

Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila mengaku senang program Pemkot Cilegon mendapatkan apresiasi dari salah satu kampus negeri terbesar di Banten. Ini membuktikan bahwa program tersebut dirasakan dampak positifnya bagi masyarakat. 

 

"Kita sudah realisasikan program beasiswa full sarjana ini pada tahun 2021 sebanyak 523 orang, pada 2022 sebanyak 1.208 orang dan pada 2023 ini kami targetkan 1.269 orang," jelas Heni,  sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Rabu 25 Oktober 2023.

 

Menurutnya, syarat untuk mendapatkan beasiswa full sarjana dari Pemkot Cilegon tidaklah sulit, yakni sudah lima tahun berdomisili di Kota Cilegon, berasal dari keluarga tidak mampu, atau mampu tapi berprestasi, Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,00, serta minimal tiga angkatan ke belakang. 

 

"Jadi kalau ada anak lulusan tahun 2023, 2022, atau 2021, tapi mau kuliah, silahkan dorong ikut SBPTM (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) terlebih dahulu. Kalau mereka lulus di seluruh perguruan tinggi negeri se-Indonesia bisa mengikuti program ini. Kalau tidak lulus di negeri, kami sudah MoU dengan 24 kampus swasta se-Provinsi Banten," jelasnya.

 

Tak hanya itu, program beasiswa full sarjana juga bisa untuk kuliah di luar negeri seperti ke Mesir, Sudan, Suriah, Mekkah dan Madinah. "Pokoknya tidak ada alasan lagi bagi wong Cilegon yang ingin kuliah tapi tidak ada biaya untuk kuliah," katanya. 

 

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan UIN SMH Banten. Ini akan membuat ia dan jajarannya termotivasi untuk membuat program-program inovatif. 

 

"Melalui program ini saya harap SDM (sumber daya manusia) di Kota Cilegon akan lebih baik. Program beasiswa ini adalah dalam rangka membangun generasi emas Kota Cilegon 2045. Jadi ini bukan pencitraan karena baru terasa 15-20 tahun yang akan datang," tegas Helldy,

 

Helldy menilai, meski terkenal sebagai kota industri, tetapi masih jarang atau bahkan belum ada warga Cilegon yang menduduki posisi-posisi strategis di 250 industri yang ada di Kota Baja.

 

"Begitu juga di tingkat nasioal, belum ada orang Cilegon yang terkenal. Belum ada yang jadi menteri. Pejabat pusat seperti dirjen dan irjen juga belum ada. Pengusaha kaya yang sukses di Jakarta asli wong Cilegon juga belum ada. Padahal Cilegon-Jakarta itu dekat tinggal masuk tol," paparnya. (*)


Berita Terkait Lainnya

Footer Example