Selasa, 02 Juli 2024
Dalam Tiga Jam, Tiket Mudik Gratis Pemkot Cilegon Tujuan Jabar dan Jatim Ludes

Dalam Tiga Jam, Tiket Mudik Gratis Pemkot Cilegon Tujuan Jabar dan Jatim Ludes

Tingginya animo masyarakat yang hendak pulang kampung secara gratis membuat tiket ludes degan cepat



CILEGON, DISKOMINFO – Pemkot Cilegon mulai membuka pendaftaran Mudik Gratis di Halaman Kantor Dinas Perhubungan (Dishub), di Jalan Akses Tol Cilegon Timur No.2, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Sabtu, 30 Maret 2024.

 

Pada hari pertama dibukanya pendaftaran, Dishub Kota Cilegon membukanya untuk kota-kota di Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim). Meski pendaftaran baru dibuka pukul 08.00 WIB, masyarakat sudah mulai antre sejak pukul 06.00 WIB.

 

Kepala Dishub Kota Cilegon Heri Suheri menjelaskan, pada hari pertama pendaftaran Mudik Gratis, pihaknya menyediakan tiket untuk enam kota tujuan di Jawa Barat yakni Cirebon, Kuningan, Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan Banjar. 

 

Selain itu, juga dibuka pendaftaran untuk tiga kota tujuan Jawa Timur, yakni Surabaya, Ngawi, dan Malang. Tingginya animo masyarakat yang hendak pulang kampung secara gratis membuat tiket dengan kota tujuan tersebut ludes dalam waktu tiga jam. 

 

"Alhamdulillah Peminatnya luar biasa membeludak. Kami juga kaget masyarakat sangat antusias sehingga alhamdulillah dalam waktu tiga jam mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB selesai, udah habis. Padahal, pendaftaran dibuka sampai pukul 13.00," kata Heri, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

 

Dalam pemesanan tiket tersebut, kata Heri, setiap pendaftar diperbolehkan mengajukan lebih dari satu tiket dengan catatan seluruh calon peserta mudik memiliki KTP Cilegon dan terdaftar dalam Kartu Keluarga. 

 

"Insya Allah besok (Minggu) kita buka lagi pendaftaran untuk tujuan Provinsi Jawa Tengah, terdapat tujuh kota tujuan yaitu Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Purwokerto, Wonosobo, dan Yogyakarta. Selain itu juga tiga kota tujuan di Pulau Sumatera, yaitu Palembang, Lampung, dan Padang," kata Heri.

 

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang memantau langsung proses pendaftaran mengucapkan terima kasih kepada kalangan industri atas kembali terselenggaranya program mudik gratis. 

 

"Alhamdulillah selama tiga tahun kita gelar mudik gratis, dukungan industri dalam menyediakan bus angkutan mudik gratis ini terus meningkat. Jika tahun lalu bus yang tersedia sebanyak 25 unit, tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 34 bus. Mudah-mudahan apa yang kami upayakan ini bermanfaat buat masyarakat Kota Cilegon," katanya.

 

Program Mudik Gratis yang diinisiasi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pun mendapat apresiasi warga. Salah satunya adalah Yuyun, warga Kompleks Metro. Dia mengaku hendak mudik ke Kota Surabaya mendaftarkan tujuh anggota keluarganya.

 

"Alhamdulillah terima kasih Bapak Wali Kota karena sangat membantu warga di tengah kesulitan keuangan karena harag-harga sekarang sedang naik. Kami doakan Pak Wali sehat terus agar terus memberi manfaat buat kami warga Cilegon," harapnya.

 

Hal senada diungkapkan Budi Prasetyo, warga Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon. Budi yang hendak pulang kampung ke Lumajang mengaku mendaftarkan tiga anggota keluarganya agar bisa berlebaran di Lumajang.

 

"Tentu saja kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Cilegon, khususnya Pak Helldy sebagai Wali Kota. Kami berharap program ini terus berlangsung setiap tahun karena manfaatnya sangat kami rasakan," kata Budi. (*)


Berita Terkait Lainnya

Footer Example